INFORMASI :

KEGIATAN TANAM PADI MUSIM TANAM I SUDAH SELESAI

KEGIATAN TANAM PADI MUSIM TANAM I SUDAH SELESAI

Areal sawah lahan pertanian di desa Murtirejo pada Senin (27/12) terlihat hampir seluruhnya telah ditanami bibit padi untuk musim tanam pertama atau lebih dikenal dengan tandur mangsa rendeng.

Desa Murtirejo memiliki lahan pertanian kurang lebih sekitar 97 hektar, yang sebagian besar pemilik lahan dan pengelola adalah warga tani Desa Murtirejo yang terbagi dalam 4 kelompok tani yaitu Tirto Kencono, Kismorejo, Kismodadi, dan Tirto Kencono II yang ada dibawah naungan Gapoktan CAHAYA MAKMUR. Selain warga tani lokal desa, warga desa lain juga ada yang menjadi pemilik dan pengelola sebagian lahan pertanian di desa Murtirejo.

Adapun pada musim tanam pertama kali ini, kebanyakan dari warga tani memilih bibit varietas padi jenis mekongga yang memiliki umur berkisar antara 116 - 125 hari.

"Alasan kami memilih mekongga adalah karena varietas Mekongga ini memiliki keunggulan, diantaranya yaitu produksi gabah meningkat cukup banyak, dan hasil gilingan cukup baik. "Nasinya enak, satu hektare sawah mampu mengasilkan 6-9 ton gabah kering panen," kata Kharisun, warga tani desa Murtirejo.

Petani lainnya M. Fatoni menambahkan, pihaknya menyisihkan sebagian hasil panen untuk dijadikan bibit musim tanam ke depan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4